Pemurni Udara ruangan Dengan teknologi plasma

corona discharge : credit to http://www.celnav.de/hv/corona.jpg

Indonesia sedang darurat asap, begitulah kondisi negara kita saat ini asap membumbung dimana mana akibat kebakaran hutan yang entah di sengaja atau tidak. Kebakaran hutan merupakan masalah tiap tahun yang selalu dialami indonesia. dan pada kesempatan ini penulis ingin berbagi pengalaman pribadi, bagaimana reaktor plasma atau penulis lebih suka menyebutnya dengan lucutan korona dapat menjadi solusi sementara untuk menetralisir asap di dalam ruangan.

sebagai pendahuluan apa sih sebenarnya “plasma ” lucutan korona itu ? lucutan korona atau yang biasa di sebut Corona Discharge adalah peristiwa menjelang “breakdown” nya hambatan pada udara diantara medan listrik tegangan tinggi sehingga gas gas di sekitarnya mulai terionisasi secara visual peristiwa ini di tandai dengan lucutan listrik berwarna biru, dan tercium bau khas gas ozone (agak agak wangi  dan segar )

pada sistem transmisi tegangan tinggi ( SUTET diatas 10 KV) peristiwa ini sangat tidak diharapkan terjadi karena menyebabkan power loss, dan suara yang kurang nyaman di telinga berikut adalah karakteristik dari lucutan korona mula- mula tegangan listrik dinakian diantara dua elektroda dengan dielektrik udara kemudian tegangan di naikan, pada fase lucutan korona G-I arus listrik akan naik seriring dengan kenaikan tegangan dan memberika korelasi positif, namun tegangan di naikan terus sehingga dielektrik (udara) jebol atau breakdown  (di tandai dengan bunga

api) tegangan langsung jatuh dan arus listrik yang mengalir menjadi besar sekali

dan yang kita akan manfaatkan dari teknologi ini adalah lucutan korona atau karakteristik dari G-I pada beberapa literatur lucutan korona ini mampu mereduksi polutan, dan penulis juga pernah mencoba dengan membuat reaktor sederhana dari lucutan korona ini menggunakan botol aqua bekas. Mula mula asap di masukan kedalam botol kemudian ketika sudah terlihat cukup pekat power tegangan tinggi di nyalakan dan hasilnya sungguh luar biasa yaitu asap hilang dalam sekejab atau tereduksi menjadi partikel yang lebih besar dan menempel di dinding dinding rektor.

UntitledPada gambar disamping konsep dari teknologi penghilang asap, mula mula udara di tarik oleh exhaust fan sehingga menarik udara kotor untuk di proses di dalam reaktor, kemudian udara yang sudah di proses akan menjadi lebih bersih karena sebagian polutan sudah tereduksi, dan proses ini terus berlangsung hingga seluruh udara di dalam ruangan menjadi bersih.

Jantung utama dari reaktor ini adalah reaktor lucutan korona, yang di hasilkan karena adanya sumber tegangan tinggi (diatas 10 kV) nah bagaimana memperoleh tegangan tinggi ini ? padalahal listrik di rumah hanya 220 V?

tegangan tinggi sekala rumahan bisa di bikin sendiri menggunakan trafo flyback pada tv tabung, contek aja rangkaain power nya, (Tukang TV umumnya tau) . untuk reaktor bisa menggunakan type silinder  dan kawat dan di buat pararel (bisa menggunakan botol bekas,

pastikan kalibrasi dulu teganganya agar alat yang dihasilkan tidak mengalami short sehingga  lucutan korona tidak terjadi, dan power tegangan tinggi akan lebih cepat rusak.

postingan berikutnya akan saya bahas bagaimana membuat tegangan tinggi nya untuk ukuran rumahan

 

Baca Juga Ya

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*