Waspada, Ulah Tukang AC Curangi Pelanggan Demi Raup Untung Gede

Anda pasti tak asing dengan iklan-iklan tawaran servis pendingin ruangan (AC) yang kerap dibagikan atau digantungkan pada pintu rumah. Tapi, tak semua tukang AC yang menawarkan promo tersebut berlaku jujur, sebagian di antaranya bahkan nekat mencurangi pelanggannya demi meraih untuk besar.

Hal itu dirasakan oleh pengguna Facebook, Lilik Dwi Mardjianto. Ulah tukang AC membuatnya geram. Beruntung dosen Universitas Multimedia Nusantara ini tak memperkarakannya, dia malah menguliahi kedua tukang tersebut tentang arti sebuah kejujuran.

Berikut cerita tentang kecurangan AC yang diungkap Lilik lewat akun Facebooknya:

“Kami hampir ditipu tukang AC. Cerita yang sama juga telah dituturkan oleh istri saya. Ceritanya begini…

Karena Sabtu adalah hari bersih-bersih, maka kami berencana untuk service AC (cuci). Kebetulan kami punya beberapa selebaran berisi info tukang AC. Singkat cerita kami menelepon tukang AC dan beberapa saat menunggu, tukang AC-nya datang. Mereka berdua, satu orang yang pegang kendali dan yang satu hanya melayani (semacam kenek). Di akhir pekerjaan, mereka bilang freon habis jadi harus ganti isi ulang dengan biaya Rp 400 ribu, Saya langsung menjawab tidak. Saat itu, saya ingat pesan tetangga tentang modus seperti itu. Raut muka si tukang AC sangat tidak bersahabat mendengar respon saya. Sebelum meninggalkan rumah kami, dia bilang seperti ini “AC-nya enggak usah dinyalain pak, takut nanti meledak!”. Kami hanya meresponnya dengan tersenyum.

Siang hari, ketika Kinan tidur, kami nyalain AC tersebut, namun hanya hawa hangat yang kami rasakan, tidak ada dingin sama sekali. Kami tunggu sejam, tidak juga dingin. Akhirnya kami menyimpulkan bahwa kami telah dikerjain sama si tukang AC.

Singkat cerita, melalui bantuan teman, saya berhasil mendatangkan teknisi untuk melihat kondisi AC kami. Dan benar dugaan kami, tukang AC tadi nakal. Dia menutup saluran freon di perangkat outdoor. Pantas saja dingin enggak pernah ke ruangan. Ketika kami cerita tentang hal ini, ternyata tetangga kami juga sudah ada yang tertipu. Rupanya ini modus umum yang sering dilakukan oleh oknum tukang AC. Saya memutuskan untuk menelepon si tukang culas itu dan memintanya kembali ke rumah. Mungkin dia berpikir kami jadi ganti freon. Alih-alih mengantongi Rp 400k, si tukang itu terpaksa menyimak kuliah panjaaaang lebar tentang nilai-nilai kejujuran!

Semoga cerita ini bermanfaat bagi teman-teman untuk lebih berhati-hati. Pakailah jasa tukang AC yang sudah dipercaya!”

Sumber

Waspada Gan …. Waspada

KOMENTAR KASKUSER

Quote:Original Posted By dilovin
ane pernah gaan kena tipu sama tukang servis ac kamfreeettt..
mungkin krn ane terlalu polos dan lugu dalam urusan service2 ac, kalo kang servis nya bilang isi freon ane iya2 aja, kalo blg ganti ini itu, iya2 aja, abis tu ane curiga kok sbntar2 isi freon, kbetulan ane ada kenalan laen yg kebetulan ngerti ac juga, pas di cek sama doi ini ternyata ane baru sadar kalo slama ini ane kena tipuuu, abis tu kaga pernah ane panggil lagi tuh kang tipu

Quote:Original Posted By 1110778
Ane jg kerja sambilan di ac
Ane mw ksh info aja bahwa ac itu freonnya tidak akan pernah habis atau berkurang kalau ac itu tidak mengalamai kebocoran. Karna freon itu bisa berubah wujud dari cair menjadi gas yg menggerakan kompresor. Di ac itu ada 2 pipa yg satu besar yg satu kecil. Masing pipa mempunyai fungsi yg besar menghisap freon ketika hampir menuju evaporator dan pipa yg kecil mengeluarkan freon yg ada d dalam kompresor, komoresor letaknya d outdoor. Begitu cara kerja ac, semoga bisa membantu kurang lbh ane mohon d korwksi kl ada kesalahan

Quote:Original Posted By makan.minum.nx5
Ane juga pernah mirip kyak agan. Niatnya bersihin ac, trus kata tukangnya freon abis. Untung pernah baca, jadinya ya ane tolak. Setelah selesai & tukangnya pulang, ane coba idupin tapi kipasnya malah gk berbunyi2. Akhirnya ane telpon teknisi dari LG & ternyata kipasnya diganjel ama sesuatu. Kurang ajar banget kan?
Ane sekarang bersihin AC sendiri , diajarin ama teknisi dari LG nya. Lebih mudah & anti tipu2

Quote:Original Posted By sherryz
Ane jg pernah gan…masa tiap cuci ac selalu ad yg rusak or bermasalah…pas abis cuci ac n ad teknisi nya masih dingin..giliran orgny pulang mulai dah ga dingin..bunyi..dll…terpaksa pgl teknisi nya lg..trus ditawarin tukar tmbah..ato gnti spare part..yang intinya bayar lagi..

Taktiknya begitu untuk mendapatkan keuntungan..akhirnya ane ganti teknisi laen..yang ini baru bagus..ane tanya perlu tmbah freon ga..dia blg ga perlu ini cm kotor aja..

Ane pun iklas kasi tips nya..

Quote:Original Posted By garrenrider
Setau ane Freon AC n Kulkas itu kurang lebih mirip gan dan gak akan mudah habis, bisa tahan bertahun2 klo gak ada kebocoran. Klo AC freonnya abis tinggal di liat aja gan di outdornya pada saat nyalain AC (tunggu 5 menit) terus liat aja apakah selang yang nempel di outdoor itu beku atau enggak, klo enggak berarti freon agan aman, klo beku yah berarti freon habis atau lebih tepatnya tekanannya berkurang (CMIIW – di kasi tau tukang AC yang jujur), klo gak dingin bukan berarti freon abis juga bisa karena kotor gan. Ane cuci AC sendiri gan gak pernah panggil tukang or telpon yang ada di iklan2, soalnya takut kena tipu.

Quote:Original Posted By meongabuabu
ane juga mau share pengalaman ane..

dulu sekitar tahun 2011an, ane lagi main ke tempat temen ane..dirumahnya cuma ada doi sama adenya (cewe)..karena temen ane ini bisnis aksesori buat bersepeda, doi minjem motor ane buat ke ATM..ga lama setelah doi berangkat, datenglah sepasang tukang AC. ane bilang aja yang empunya rumah ga ada..tapi mereka bersikeras masuk dengan alasan sudah konfirm dengan ibunya temen ane..yaudah ane konfirm lg lah sama adenya temen ane

ane ketuk pintu kamarnya kasih tau ada tukang AC yg katanya udh janjian sama ibunya..pas adenya temen ane buka pintu..wuuuuuussss itu kamar udah kayak ruang penyimpanan daging beku gan..dingin benerrrr

akhirnya dia nemuin si tukang ac itu dan singkatnya mereka ngebersiih outdoor AC nya..tiba tiba ane denger disuruh ganti freon..
what ?! Ac masih dingin kayak kulkas gitu harus ganti freon? adenya temen ane yg cewe dan notabene awam soal teknik maen iya iya aja..

berhubung dulu ane kerja di bagian VAC (Ventilation &Air Conditioner) sebuah mall besar di jakarta, ane ngerti ttg trouble shooting AC..ane sautin aja

“gausah isi freon pak, masi bagus kok kondisi AC nya..”

mukanya si abang langsung asem bener ngeliatin ane..
langsung setelah itu ane awasin aja semua kerjaan doi mulai dari cek kebocoran freon, test press, dll sampe itu outdoor dikeringin..

gila dah itu pada cari kesempatan bener..rahasia umum modusnya tukang AC tuh..

kalo agan merasa AC masi dingin (keluhan hanya AC nya kurang dingin atau ga sedingin hari hari sebelumnya) kemungkinan hanya kotor dan hanya perlu di preventiv alias dibersihin aja..ga perlu sampe ganti freon..kalo udh bener bener ga kerasa flow nya lagi, ga dingin sama sekali baru deh cek cek freon nya..minta di cek sama tukangnya.. CMIIW

Quote:Original Posted By wahdania

Benar kata juragan kang service ac part time ini gan, AC itu freaonnya sama kaya freezer atau Kulkas, sumur hidup ga bakal habis kalau ga ada kebocoran……..kalau ada tukang service bilang freonnya perlu di tambah, berarti ada kebocoran dan suruh dia tunjukin di mana kebocorannya…..pasti bingung dia….

Btw, nyuci AC itu gampang kok kalau punya waktu luang sedikit…..cuma tinggal semprot aja dari kran aer pake slang (kalau ane seh beli pake mesin steam cucian motor) sambil mesin air di nyalain biar tembakannya agak kencang……beli deh plastik cor di material buat plastik buangan air cucian indoornya, buka tutup mesin indor cuma buka baut 1-3 biji aja, angkat ke atas…trus tutup sirkuit elektroniknya pake plastik biar ga kecipratan air…..kalau outdoornya, semprot aja langsung……irit dan ga bakal kena tipu….

Quote:Original Posted By 1110778

Ane tambahin gan, kl bisa ente beli selang manifold beserta alat ukurnya. Kegunaanya untuk mengecek tekanan freon dan mengecek kl ac agan ada trouble serta beli tang amper untuk memeriksa kompresor bekerja atau tidak. Gampang kok gan service ac itu asalkan kerusakannya bkn d bagian elektroniknya.

Quote:Original Posted By roxkiss
samalah kyk kasus ane cuman ane di kadalin ama tukang jam tangan yang suka lewat di perumahan ane gan, jd ceritanya jam ane jatoh dan kacanya pecah, dan seinget ane itu jam biar juga pecah tpi msih work normal kok, trus ane minta di benerin deh ama tu tukang jam yang suka lewat2 gtu, taunya pas kacanya di ganti dan hasilnya gak bagus2 amit tuh kaca sisi2nya jelek banget dan ga mulus, taunya mesinya jg jd mati, ga tau di apain tu ampe gtu, doi bilang hrus ganti inilah, itulah.. utung ane buru2 ambil ajj tu jam n bayar buat benerin kacanya doang, males banget dah lain kali mending bawa ke tempat yang rada2 bisa di percaya..susah klo dah maennya licik2an.

Quote:Original Posted By danizza
Lg marak berita penipuan tukang ac ya gan..
Ini profesi ane dulu gan,cuma ane udah tobat sejak th 2012 gan..
Ya begitulah gan kerjaan tukang ac yg kepingin meraup untung besar dg aksi tipu”…
Mending klo ada tukang ac bilang waktu’y isi freon suruh cari dulu kebocoran’y.karena sampek kapan pun freon g bakal berkurang atau habis klo g ada kebocoran system pemipaan/jalur sirkulasi freon..!!sebenar’y cukup perawatan preventif 3-4 bulan sekali d cuci gan.

Quote:Original Posted By codoth2000cc
sebenarnya bersihin ac gampang gan gak usah panggil teknisi juga bisa dilakukan sendiri, untuk kompresor ane biasanya semprot pake air dari selang aja tapi syaratnya cabut dulu stop kontaknya untuk unit dalam ane bersihinnya pake semprotan yg biasanya dipakai buat mandiin burung tp usahakan cari yg besar biar semprotannya kuat nembus kisi2nya emang sih jeleknya capek mompa terus pas nyemprot kudu ati2 jangan sampe kena unit elektrik disebelahnya klo udah tunggu beberapa jam sampe kering baru nyalain lagi.

Quote:Original Posted By zniper
refrigerant dalam ac yg lebih familiar dikenal dengan freon itu fungsinya buat media pertukaran panas… mekanisme kerjanya sistem tertutup dimana kalau ngga ada kebocoran maka harusnya ga pernah kurang…
kalau udah kurang berarti ada yg bocor dan kalau bocornya ga ditambel (las) mau direfill berkali2 juga percuma…
mirip sama sistem sirkulasi darah yg membawa oksigen dan mengalir ke seluruh tubuh, kalau ngga luka ya ga mungkin habis…

Quote:Original Posted By Drajudge13
freon mah gak bakal habis gaan.
habis pun kalo misal bocor doang. itu taktik lawas sekalii.
menurut ane korban jarang baca2 artikel/berita. karena udah sering banget alibi “freon habis” dipakai buat sang penipu.
saran ane apapun yang ente lakukan ente survey dulu gan paling enggak lewat internet atau ke teman2 dekat yang ahli
soalnya jujut aja ane sekarang kurang percaya sama yang tukang2 servis liar.
wong tukang servis resmi aja masih bisa nipu apa lagi yang liar.
Saran ane buat semua agan2 be a smart user gan. jangan dikit2 “servis” atau apalah. paling enggak agan harus mengetahui gejala kerusakan benda itu dulu

Quote:Original Posted By ilunks
sedikit saran neeh biar gak terjadi penipuan seperti yg TS blng
saat selesai di cuci kira2 5 menit setelah di cuci segera tanyakan berapa tekanan freon dan amper ACnya
normalnya tekanan freon itu ada di 60 – 80 Psi tergantung dari watt/ampere AC
catat selalu tekanan freon sama ampere ACnya…sama halnya seperti ban mobil/motor…lakukan pengisian jika tekanan kurang

hati2 dengan trik tukang AC gan jika agan bertanya tentang tekanan AC, kadang mereka akan memperlihatkan tekanan yg kurang dr tekanan freon seharusnya….kompresor AC bekerja stabil itu kira2 5 menit/saat AC mulai terasa dingin…nah tekanan freon ini lah yg agan harus lihat langsung dan di catat setiap cuci AC

mudah2an sih agan2 semua terhindar dr modus para tukang AC nakal

Quote:Original Posted By mrlonxx
Emang susah ya klo orang kepinteran. Merasa konsumen itu bego.

Ane beli AC LG di EC Lippo pd tgl 16.08.2015, barang sampai di hari berikutnya dan di pasang 3hari berselang. Pada saat pemasangan ane ga ada di rumah dan hanya orang tua di rumah. Pihak teknisi tlp ane sebelum pemasangan menanyakan letak posisi AC. Ane jelaskan ke pihak teknisi untuk meletakkan AC di posisi tengah Ruangan krn ruangan berbentuk “L” jika diletakaan di sudut ruangan dingin tdk merata.

Malam hari ane sampai rmh melihat posisi pemasangan AC disudut kecewa berat. Apakah mungkin teknisi sengaja memasang Disudut? Supaya dekat dengan kompresor outdoor supaya ada pipa yg sisa?. Maaf bkn berburuk sangka, sebagai teknisi seharusnya bisa memperkirakan jika AC disudut dingin ruangan tdk merata. Dan akhirnya hrs nyalakan kipas angin spy dingin ruangan merata. Jelas tdk HEMAH listrik bukan?

Kemudian ane komplen dan seminggu kemudian teknisi dtng (aga lama ya?, krn jarak rmh ke EC ga smpe 5 menit). Setelah tekhinsi dtng dan cek, teknisi mengakui memang posisi AC tdk sesuai dan untuk itu posisi AC mau dipindah ketengah tp ane ke cash 150rb. Ane keberatan krn ane merasa ini bkn sepenuhnya slh ane, teknisi akhirnya menyanggupin di pemindahan AC minggu depan. Dan sampai skrng tdk ada kejelasan. Garansi pemasangan 1bln pun sudah lewat waktunya. Teknisi kamprett mana waktu pemasangan kna palak 50rb. Toko yg sekelas EC aja teknisinya Syuramm >,<

Quote:Original Posted By alvinmajin
Gilee gan, ane juga dulu sering banget kena tipu yang beginian. Kamar nyokap ane pake AC Samsung cuman tiap sebulan sekali isi freon terus. Ane lama – lama curiga, eh pas ganti tukang AC yang “JUJUR’ baru tuh bener. Kata tukangnya freon emang ga bakal kurang, kecuali emang bocor. Sampe tuh teknisi yang jujur balik lagi minggu depannya cuma buat cek tekanannya, terus ternyata emang ga ada masalah dan fix emang teknisi sebelumnya curang
Hati – hati buat agan – agan yang lainnya sama modus beginian

Quote:Original Posted By linux33
Kebetulan saya sekolah di salah satu universitas dgn jurusan refrigerasi & tata udara, sedikit tips buat agan2 bahwa refrigrant(freon) yang ada dalem unit pendingin itu tidak akan berkurang/habis selama tidak ada trouble,kebocoran,dll
Cek dulu unit agan sbelum di service, kalo cuma di cuci berarti agan tau beres bersih, kalo suruh tambah biaya2 lagi jgn mau. Agan kasih tau aja klo sebelumnya unitnya normal gada masalah.
Lebih dianjurkan kepada konsumen yang ingin service/cuci unitnya agar diperhatikan saat teknisi sedang pengerjaan.

Sedikit dari saya, maaf klo sotau namanya jg newbi hihi

Quote:Original Posted By wb1994
tambahan lagi gan ..
ia bener, kalo freon itu bsa bertahan tahun2 an kalo ngk ad yg bocor ..
nah misalkan ac dah mulai ngk berasa dingin, jangan langsung ambil keputusan kalo freon dah habis ..

sebelum panggil teknisi, nyalain dlu ac nya sekitar 5-10 mnt, terus pantengin dah outdor agan ..
– kalo misalkan yg pipa kecil ad gumpalan es, berarti freon kurang
– kalo misalkan yg pipa besar ad gumpalan es, berarti ac nya perlu dicuci alias kotor ..

cmiiw ~

Quote:Original Posted By gnarendra
ane juga pernah gan. gini modusnya.. ni berhubung bukan AC ane (kantor punya) jadi waktu itu ane iya2 aja sam tuh tukang AC.. AC ane tiba2 ga dingin gan, ane panggil tukang servis AC langganan kantor (langganan nipu2) tuh tukang AC tanya sama ane apa keluhannya terus ane bilang kagak dingin, skip tuh tukang AC kagak pake bla2 langsung ambil tangga langsung utak utik sama temennya. ane ditawarin ngisi freon katanya freonnya habis, ane iyain aja kagak tanya harga. skip skip setelah sekitar 2 jaman kelar dah tuh isi ulang freon, trs dites lah sama ane ACnya normal lagi gan. setelah tuh tukang AC cabut kira2 sejam kemudian ada bunyi aneh klek klek kayak pas kipasnya terus tambah bocor pula. langsung kan ane telpon tuh tukang AC lagi. skip datanglah dia ane komplain ini itu terus dicek sama tuh tukang AC. berhubung ane lagi kerja ane tinggal dah tuh tukang AC. skip skip sekitar sejaman semudian si tukang AC bilang kalo ACnya mesinnya yg rusak bukan freon atau apalahnya ane lupa. terus ane tanya gimana dong pak? gabisa ini harus diganti mesinnya mas.. ane iyain aja terus lapor kantor minta AC baru.. skip skip setelah beberapa hari kantor masang AC baru, yg masang teknisi resmi gan. terus ane curhat tentang AC lama. nah ini yg buat ane gedek ternyata daleman AC lama kata teknisi resminya udah di pretelin semua dan ilang tak berbekas.. disitulah gan ternyata modus tepu2 tukang servis AC selama ini (nanti kalo sempet ane lampirin barbuknye dimari) ya mungkin kagak semua tukang servis AC ky gitu cuma segelintir oknum aja.. maybe

Quote:Original Posted By revgrosir.com
Setujuuuuuu, ane dulu pernah kejadian lebih parah, cuma kebeneran AC mobil yang ngadat, perkaranya itu AC ga dingin dan malah jadi panas di dalem mobil, ceritana waktu itu ga ambil pusing langsung aja tu mobil di bawa ke tukang AC buat di service. beberapa menit di otak atik masa mekanik tiba-tiba si mekanik bilang banyak yang musti di ganti, dia kelurin tuh kertas cuap-cuap tentang AC mobil ane yang totalnya hampiiiirrrrrrrr 15.000.000 Buseetttttt [dalem hati, mending dijual ni mobil daripada harus ganti sebanyak itu]
tapi disitu ane ga langsung percaya sama si mekanik bengkel ac itu, masa sih benerin ac sampe 15jt yang bener aja, akhirnya ane tacap gas buat balik sembil BT juga dimintain ongkos bongkar dan cek 150rb (fuiiihh)
besoknya ane cobain ke bengkel lain, yang biasa aja, yang keliatanya ga semewah bengkel pertama
dugaan ane bener, tu mobil cuma musti diganti freoon doang cuma 350rb kelaaarr, sampe sekarang AC dingiiinnnnn
kapok deh ke bengkel itu, lokasi bengkel ada di Bandung

7 Comments

  1. Ass.sy jg punya cerita tentang ac sy jg.merek samsung.sy baru beli kira kira sdh 6 bulan. Awal 3 bulan pertama cuci ac,setelah 3 bulan lg sy cuci ud waktunya.kebetulan tkng ac nya tetanga sy.setelah dia cuci ac nya lngsung dia cek tempartur ac.kt tukang ac nya blng ke sy prion ac sy udh hbs.sy blng ko sdh hbs.si tkng ac blng tergantung pemakaian.sy percy aj tuh sm dia.sy bilang ya udh isi aj.takut knpa napa dan panik sm ac sy.setelah suami sy pulang sy di marahin sm suami sy.suami sy ngebilangin sy.km di tipu sm tetanga sy di tukang ac yg gk jujur sm tetanga nya sndiri.klw gk kerja kerja gk dpt duit jngn manfaatin orang di saat lg nyuci ac.gk bakalan sy nyuci lg sm dia ud bohongin sy.sy udh ksh dia kepercayaan.eh mlh dia bikin kecewa.ini buat pelajaran pertm sy sdh di bodohin sm tkng ac kurang ajar.biar allah yg bls nya.ksh makan rezeki anak dan istrinya bukan dr uang halal.dan dlm hati sy.biar dia dpt balesannya dr orang lain.

  2. Sy juga baru2 ini kena tipu sm tukang ac kebetulan tukang ac langganan lg pulkam sy terpaksa pake jasa cuci ac online singkat cerita dibersihin tuh ac sy sebelumnya cek freon kondisi normal nah setelah dibersihin tuh tukang ac balik lg ke freon dengan dalih freon sy isi ny cm angin aj sambil dites ketangan tuh pa cm angin aj ini harus isi freon ntar klo bp mau isi sy buang dulu y angin ny setengahnya biar ntar isi freon bs ketahuan isiny angin apa freon sy iya2 aj dibuang dah tuh separony dari tekanan normal freon sy ntar klo bp mau isi freon telp kekantor aj kebetulan sy gak bw freon jenis utk ac bp pas tuh tukang ac pulang koq ac sy gak dingin sy curiga angin yg tukang ac blng ternyata freon sy yg dibuang akhirnya di cek sm tukang ac langganan klo freon sy udh hilang setengahnya jd gak dingin ac ny kt si tukang ac langganan blng freon gak akan hbs klo gak bocor atau dibuang berarti modus tuh tukang ac online dalih angin yg dibuang gak tauny freon sy yg dibuang jd Jajan dah tuh ac isi freon

  3. Mau tanya dong ada yang ngerti bleacing oil itu apa? Soalnya saya pesen jasa service AC online, padahal cuman minta di cuci karna saya ga di rumah, cuma ortu doang eh sama mereka di tambahin bleacing oil. Total 225rb, ditawar sama nyokap 150rb. Kampret banget, minta di cuci malah dimacem2in, kira2 bakalan rusak ga ya AC saya. Soalnya baru 3 bulan yg lalu beli kipas dibelakang karna rusak..

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*